Harga Penangkal Petir

Harga penangkal petir mempunyai berbagai harga sesuai dengan spek atau kualitas penangkal petir itu sendiri. Sebelum mengetahui harga penangkal petir, ada baiknya jika anda mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan penangkal petir dan fungsinya.

Penangkal petir atau yang sering disebut juga dengan anti petir adalah suatu perangkat yang mempunyai 1 rangkaian atau lebih yang akan menjadi penyalur energy listrik dari petir, ke dalam tanah. Dengan tujuan untuk menetralkan energy besar tersebut.

Biasanya penangkal petir ada di atas rumah, gedung dan bangunan-bangunan lainnya.

harga penangkal petir

Ada 3 bagian penting dari Penangkal Petir / Anti Petir, yaitu:

  1. Batang penangkal petir
  2. Kawat Konduktor
  3. Sistem Grounding

Batang penangkal petir / anti petir haruslah terbuat dari logam atau tembaga dangan ujung lancip yang berdiri tegak di atas bangunan. Batang tersebut dilapisi dengan bahan anti karat. Ujungnya dibuat lancip dikarenakan muatan listrik yang bersifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung yang lancip.

Kawat konduktor atau penghantar energi petir adalah jalur untuk mengalirkan energi listrik dari ujung penerima ke dalam tanah untuk di netralkan. Maka seharusnya kawat konduktor ini dapat menerima dan menahan energy listrik yang sangat besar akibat sambaran petir.

Sistem Grounding atau system pembumian adalah suatu perangkat yang berguna untuk menetralkan energy listrik. Manfaat utamanya adalah untuk menyalurkan energy listrik akibat sambaran petir ke dalam tanah. Komponen atau material utama adalah batang tembaga, lempeng tembaga berbentuk kerucut yang tertanam di tanah. Semakin luas permukaan grounding maka akan semakin baik

Cara Instalasi Penangkal Petir atau Anti Petir

Secara singkat, proses pemasangan penangkal petir / anti petir adalah sebagai berikut:

Pertama-tama hal yang harus dikerjakana adalah membuat Sistem Pembumian. Kita wajib melakukan pengukuruan tingkat ketahanan tanah dengan alat Earth Testermeter. Jika hasil pengukuran di bawah 5 Ohm, ini pertanda tanah memiliki resistansi yang bagus dan tahan instalasi penangkal petir selanjutnya dapat dikerjakan. Sebaliknya, jika hasil pengukuran menunjukkan lebih dari 5 Ohm, maka anda harus menambah sistem pembumian lagi di sampingnya dan dihubungkan dengan system grounding yang pertama. Hasilnya resistansi tanah tersebut akan menurun. Lakukan hal tersebut sampai mendapatkan hasil di bawah 5 Ohm

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel konduktor dari grounding sistem yang telah dibuat ke atas bangunan anda. Instalasi kabel konduktor memiliki syarat: harus mempertimbangkan jalur terdekat, dan sebisa mungkin hindari belokan. Jika harus berbelok, maka putar kabel sampai berbentuk lingkaran besar, lalu belokkan jalur ke tempat yang anda inginkan. Diwajiban menghindari kabel yang berbelok 90 derajat. Karena akan melemahkan kemampuan penangkal petir tersebut.

Apabila tahan pemasangan kabel konduktor telah selesai, maka anda bisa melakukan tahan selanjutnya yaitu pemasangan batang penangkal petir.

Kaidah Penangkal Petir / Anti Petir

Bila memperhatikan kerusakan akibat penangkal petir, maka sistem penangkal petir haruslah mampu melindungi bangunan dan segala sesuatu yang terdapat di dalam bangunan tersebut, baik itu alat elektronik maupun makhluk hidup yang ada di dalamnya dari sambaran langsung dan sambaran tidak langsung dari petir yang terjadi saat hujan atau badai.

Sampai sekarang belum ada penangkal petir/ anti petir yang mampu memberikan perlindungan 100% dari bahaya sambaran pertir, namum dengan menggunakan penangkal petir, anda dapat meminimalisir kemungkinan kerusakan maupun korban jiwa.

Selama 60 Tahun dilakukan penelitian mengenai penangkal petir/ anti petir yang dilakukan oleh peneliti petir di seluruh dunia. Dari penelitian tersebut, lahirlah rancangan sistem penangkal petir secara terpadu.

Tujuan panduan tersebut adalah menetapkan standar penangkal petir yang dapat diandalkan. Panduan tersebut meliputi:

Menangkap petir

Sebuah penangkil petir harus mampu menangkap petir yang terjadi di sekitar bangunan. Dalam hal ini harus lebih cepat dari pada benda-benda yang ada di sekitarnya.

Menyalurkan Arus Petir

Penangkal petir harus dapat dengan cepat menyalurkan arus petir yang diterima ujung penangkal petir sampai sistem pembumian. Sehingga tidak terjadi loncatan listrik yang dapat membahakan struktur bangunan, alat elektronik dan makhluk hidup di dalam bangunan tersebut.

Menampung Petir

Sistem penangkal petir wajib mempunyai sistem untuk sarana penampungan arus listrik. Yaitu dengan sistem pembumian atau grounding system. Grounding system harus memiliki resistansi yang mumpuni untuk menampung arus listrik. Resistansi tersebut harus kurang dari 5 Ohm. Angka tersebut merupakan standar Indonesia, agar arus petir dapat sepenuhnya diserap oleh tanah dan di netralkan.

Proteksi Grounding System

Selain memperhatikan resistansi dari sistem pembumian, material yang digunakan untuk membangun sistem tersebut mempunyai standar tersendiri. Yaitu: jangan mudah korosi atau karatan, khususnya jika daerah yang dipasang di dekat lautan.

Perlindungan Jalur Power Listrik

Proteksi untuk jalur power adalah suatu keharusan, agar mencegah terjadinya induksi yang berdampak pada alat elektronik

Perlindungan Petir PABX

Perlindungan terhadapat jalur alat komunikasi seperti telepon, fax dan jaringan data lainnya.

Sebutan Keliru Tentang Penangkal Petir / Anti Petir

Sebenarnya penangkal petir atau sering juga disebut anti petir merupakan sebutan yang keliru dalam bahasa Indonsia, karena makna kata penangkal atau anti adalah 100% aman. Tetapi nyatanya penangkal petir / anti petir tidak dapat 100% memproteksi bangunan anda beserta isinya.

Maka dari itu, kami lebih suka menyebutnya dengan sistem penangkap petir dan penyalur petir. Karena memang tugas dari sistem tersebut adalah menangkap dan menyalurkan petir kedalam tanah untuk di netralkan.

Pada hakikatnya, sistem penangkal petir tidak langsung membuat bangunan anda kebal terhadap sambaran petir. Lalu tidak ada gunanya memasang penangkal petir? Tidak juga. Dengan adanya penangkal petir / anti petir. Anda bisa meminimalisir kerusakan yang akan terjadi akibat sambaran petir.

Harga Penangkal Petir

Harga penangkal petir sangat bervariasi tergantung kualitasnya. Beda lagi dengan biaya instalasinya, harga tentu berbeda antara rumah dan perkantoran. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat langsung menghubungi kami via WA atau telepon untuk mendapatkan harga penangkal petir terbaik.

Jangan kawatir dengan harga yang mahal, kami akan memberikan harga special untuk anda. Hubungi kami sekarang juga.

Perbandingan Penangkal Petir Konvensional Dengan Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal Petir Konvensional:

– Membutuhkan volume kabel penghantar yang sangat banyak.

– Daerah perlindungan terbatas

– Biaya pemasangannya cenderung lebih mahal

– Membutuhkan banyak titik grounding, karena setiap 10 meter panjang areal perlindungan harus 1 titik grounding

– Membutuhkan banyak splitzer di atas struktur bangunan sebagai alat penerima sambaran

– Cenderung merusak estetika struktur bangunan yang akan di pasang

– Bentuk ujung splitzer sangat runcing berbahaya bagi petugas atau pekerja yang bekerja di atap

Penangkal Petir Elektrostatis

– Tidak banyak membutuhkan material maupun kabel

– Area perlindungan lebih luas antara 50 Meter sampai 150 Meter

– Cenderung lebih ekonomis jika diterapkan pada area yang sangat luas

– Pada umumnya hanya membutuhkan 1 titik arde atau resistansi < 5 Ohm

– Hanya membutuhkan 1 unit terminal untuk radius tertentu

– Perawatan dan pemasangan sangat mudah dan tidak mengganggu estetika

– Bertindak sebagai pencegah interferensi perangkat elektronik kita – Lebih aman bagi pekerja yang akan melakukan perawatan instalasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat langsung di Whatsapp